5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru - obatherbalparuparu.com | obatherbalparuparu.com

HP. SMS ke 0853 2527 9933 atau WhatsApp 0838 4415 5959 BB: Melayani pengiriman ke seluruh dalam negri ( Jakarta, Tangerang, Banten, Bogor, Bandung, Kota Banjar, Cilacap, Jogja, Yogyakarta, Klaten, Sleman, Solo, Surabaya, Madura, Bali, Denpasar, Lombok, Kalimantan, Sumatera, Lampung, Aceh, Papua, Jayapura, Jambi, Balikpapan, Makasar, Medan, Tenggarong, Dll )dan luar negri ( singapore, malaysia, thailand, hongkong, korea, dll )

5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru
Rp. ,-
CONTACT US
HP. SMS ke 0853 2527 9933 atau WhatsApp 0838 4415 5959
BB.

Pada artikel kali ini saya akan membahas penyakit paru paru, dan juga nanti saya akan berbagi tips untuk anda mengenai pantangan makanan untuk penderita penyakit paru paru. Namun sebaiknya anda kenali lebih dalam lagih mengenai penyakit paru paru yang anda derita, berikut penjelasan mengenai penyakit paru paru.

Pengertian Penyakit Paru Paru

Penyakit paru-paru adalah penyakit yang sangat menular, yang harus perlu diwaspadai. Tapi penyakit paru-paru juga ada yang bisa disembuhkan dan ada juga yang tidak bisa di sembuhkan. Paru-paru sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sangat penting bagi kehidupan semua manusia. Oleh sebab ituh mengapa paru paru harus di jaga dengan sebaik mungkin.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

Penjelasan Paru Paru

Paru-paru adalah organ yang berperan dalam sistem pernafasan, dimana terdapat pertukaran oksigen dan juga pertukaran karbondioksida di dalam darah. Proses pergantian oksigen dengan karbondioksida tersebut dinamakan dengan respirasi. Proses respirasi yang dilakukan oleh paru-paru dibantu oleh hemoglobin atau HB di dalam sel darah merah manusia.

Fungsi HB tersebut adalah sebagai pengikat oksigen. Orang yang terkena anemia biasanya akan terganggu pernafasannya sebab dia memiliki kadar HB yang rendah selain itu jumlah sel darah merah yang sedikit membuat peredaran oksigen ke seluruh tubuh juga sedikit.

Berbagai Jenis Penyakit Paru-Paru

Berbagai jenis penyakit paru-paru harus diketahui sebab dengan mengetahui penyakit paru-paru secara dini, diharapkan pengobatan yang dilakukan dan didapatkan akan maksimal. Pengobatan yang terlambat dilakukan bisa membuat penyakit paru-paru sulit untuk diatasi. Berikut ini adalah berbagai jenis penyakit paru-paru yang harus kita ketahui:

  • Pneumonia.
  • Penyakit Legionnaries.
  • Efusi Pleura.
  • Tuberkulosis.
  • Pneumotoraks.
  • Asma.
  • Penyakit Paru-Paru Obstruktif Kronis.
  • Bronkitis Kronis.
  • Emfisema.
  • Penyakit Paru Karena Kondisi Lingkungan Kerja.
  • Silikosis.
  • Asbestosis.
Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

Berikut ini beberapa pantangan makanan yang harus di hindari oleh penderita penyakit paru paru.

1. Daging Kambing

Terlepas dari kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi, daging kambing memiliki banyak penggemar. Jika Anda juga menggemari daging kambing, sebaiknya tahan dulu dan hindari makanan ini sementara waktu. Khusus penderita radang paru-paru, hendaknya Anda memerhatikan asupan makanan dengan baik dengan menghindari daging kambing.

Ada zat yang terkandung di dalam daging kambing di mana zat ini mampu berpengaruh terhadap sistem peredarah darah. Bahkan zat tersebut mampu mendukung pembentukan zat nitrosamin yang mampu menjadi penyebab peradangan paru-paru. Jika terus-menerus mengonsumsinya ketika paru-paru sudah bermasalah, radang paru-paru dapat kemudian berpotensi menjadi kronis, jadi sebaiknya hindarilah.

2. Ikan Asin

Pantangan makanan selanjutnya bagi penderita paru-paru adalah ikan asin yang begitu sederhana dan lezat. Ini karena ada zat nitrosamin yang juga ada di dalam ikan asin (tak hanya ada pada daging kambing). Zat nitrosamin ini adalah zat karsinogenik yang mampu menyebabkan peradangan di organ tubuh kita.

Sebetulnya, kandungan berbahaya yang ada pada ikan asin tidak hanya zat nitrosamin, tapi juga ada kandungan zat-zat lain yang juga mampu membentuk virus Epstein-Barr serta mengembangkannya. Waspadai zat-zat lain tersebut juga karena virus ini sangatlah membahayakan tubuh, terutama paru-paru. Karena virus tersebutlah, organ paru-paru bisa terkena peradangan dan jika sudah meradang, maka bisa memperparah kondisinya.

3. Garam

Makanan asin apalagi yang bergaram tinggi perlu untuk dimasukkan ke dalam pantangan para penderita paru-paru. Jika Anda merupakan salah satu pengidap asma, garam adalah musuh utama yang sebaiknya dihindari. Meski garam memang merupakan sebuah bumbu dapur yang sudah kerap digunakan untuk membumbui masakan supaya lebih sedap, garam berlebihan juga tetap tidaklah baik.

Garam selain dimanfaatkan sebagai perasa masakan, bumbu dapur ini pun sering digunakan sebagai zat pengawet alami. Mengonsumsinya berlebihan bisa berakibat buruk tak hanya bagi paru-paru dan memperparah kondisi asma. Garam juga adalah pemicu utama dari tekanan darah tinggi sampai dengan kondisi penyumbatan pembuluh darah.

4. Terasi Merah

Masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan terasi yang menjadi bahan konsumsi yang sudah sangat populer. Sering dijadikan sambal, memang ini adalah pelengkap makanan yang sangat nikmat, terutama bagi pecinta sambal. Namun dibalik kelezatannya, terasi merah juga perlu diwaspadai oleh para penderita paru-paru.

Di dalam terasi merah ada kandungan rhodamin B yang merupakan sebuah zat penyebab iritasi di bagian sistem pernapasan. Saat mengonsumsi terasi merah berlebihan, otomatis ini akan mengakumulasi Rhodamin B yang padahal zat ini bersifat karsinogenik. Jika konsumsi dalam jangka waktu lama, maka peradangan pada paru-paru bisa terjadi atau justru menjadi tambah buruk.

5. Alkohol

Alkohol sudah jelas termasuk makanan maupun minuman yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Untuk makanan dengan kandungan alkohol tinggi seperti tape, bila dikonsumsi berlebihan bisa menjadikan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan akhirnya berpenyakit jantung. Sedangkan minuman alkohol sendiri tak baik untuk kesehatan secara menyeluruh, terutama sistem saraf.

Bahaya minuman keras bagi kesehatan tentu sudah diketahui oleh setiap orang di mana ketika mengonsumsi alkohol berlebihan bisa berpengaruh juga terhadap kesehatan paru-paru. Selain mengakibatkan hipertensi, konsumsi alkohol mampu menyebabkan perkembangan lebih cepat akan zat nitrosamin di dalam tubuh penderita paru-paru. Maka dari itu, alkohol dilarang untuk dikonsumsi oleh para pengidap gangguan paru-paru.

Demikianlah artikel yang saya buat mengenai penyakit paru paru dan pantangan makanan apa saja yang harus di hindari oleh penderita penyakit paru paru. Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi anda. Untuk tindakan pengobatan yang akan anda lakukan, anda bisa lihat di bawah ini, trimakasih.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Paru Paru



Related Posts: